Sabtu, 06 Juli 2013

Jadwal KRD Terbaru 2013


Jadwal KRD terbaru yang diberlakukan sejak Januari 2013.
CICALENGKA - PADALARANG
CCL
HRP
RCK
CMK
KRC
CKP
BDG
CRY
CMD
CMH
GDB
PDL
05.25
05.31
05.40
05.52
06.04
06.11
06.18
06.25
06.36
06.43
STOP
06.56
08.30
08.36
08.45
08.58
09.10
09.17
09.24
09.31
09.42
09.49
-
10.02
09.40
09.46
09.55
10.04
10.20
10.27
10.34
10.41
10.52
10.59
-
11.12
12.30
12.36
12.49
12.57
13.09
13.15
13.22
13.29
13.49
13.56
-
14.09
14.05
14.11
14.20
14.33
14.50
14.59
15.06
15.13
15.24
15.31
-
15.44
17.00
17.06
17.15
17.28
17.42
17.49
17.56
18.03
18.14
18.21
-
18.34
18.25
18.31
18.40
18.49
19.01
19.08
19.15
19.22
19.35
19.42
-
19.55
21.05
21.11
21.20
21.32
21.46
21.53
22.00
22.07
22.18
22.25
-
22.38
22.20
-
22.31
-
22.48







                                                                                                                  
PADALARANG - CICALENGKA
PDL
GDB
CMH
CMD
CRY
BDG
CKP
KRC
CMK
RCK
HRP
CCL
-
-
-
-
-
-
-
04.05
-
04.20
-
04.37
05.40
-
05.51
05.58
06.09
06.20
06.27
06.34
07.03
07.12
07.32
07.40
07.25
-
07.36
07.43
07.54
08.05
08.12
08.19
08.40
08.49
09.00
09.10
10.30
-
10.41
10.48
10.59
11.06
11.13
11.20
11.39
11.48
11.59
12.07
11.45
-
11.56
12.03
12.14
12.25
12.32
12.39
12.51
13.17
13.30
13.38
14.40
-
14.51
14.58
15.09
15.16
15.23
15.30
16.00
16.09
16.22
16.30
16.10
-
16.21
16.28
16.39
16.46
16.53
17.00
17.25
17.37
17.50
17.58
18.55
-
19.06
19.13
19.24
19.35
19.42
19.49
20.01
20.10
20.32
20.40
20.20
-
20.31
20.38
20.49
20.56
21.07
21.14
21.27
21.41
21.50
21.58

Well, terhitung awal Januari 2013, tarif KRD ada perubahan. Yang asalnya cuma Rp 1.000,- menjadi Rp 1.500,-. Dan ini berlaku untuk semua penumpang semua umur, termasuk anak kecil juga bayi (berlaku tarif dewasa), yang turun di stasiun mana saja, pokoknya yang naik KRD Padalarang- Cicalengka maupun sebaliknya.

St. Bandung
Kenaikan tarif ini, tentu disertai dengan beberapa perubahan. *sepertinya ada pergantian kepemimpinan, atau hanya perubahan sistem, ehm.*  Dimulai dari mempercantik setiap stasiun. Aku tidak begitu tahu semua stasiun, yang jelas, semua stasiun yang sering aku lewati, -st.Kiaracondong, st.Bandung, st. Cikudapateuh, st.Ciroyom, st. Cimindi-, lumayanlah lebih ‘cantik’ dari sebelum-sebelumnya. Kalau stasiunnya bercat pink, berarti aku sedang berada di st.Kiaracondong, stasiun berwarna biru-kuning ada di st.Bandung, warnanya oranye berarti ada di st.Cimindi. Terus, banyak sekali petugas dimana-mana, di st.Cimindi petugasnya bantuin bawa-bawa tangga untuk turun penumpang *so sweet ya...wkwkwk* di st.kiaracondong petugasnya menampung tiket KRD, *jadi aku gak perlu buang sampah sendiri, sudah ada yang nampung kok :)*.  

Yang sangat terlihat jelas di st.bandung, petugasnya jaga pintu masuk dan pintu keluar penumpang, dan memastikan yang mengantar ataupun  yang  tidak punya tiket  tidak masuk stasiun. Belum lagi ada petugas kebersihan setiap saat di dalam kereta. *makasih ya, mas-mas atau akang-akang yang suka bersih-bersih di dalam kereta, KRD jadi selalu tampak cantik deh! ;)* Yup, di dalam kereta sebenarnya sudah disediakan tempat sampah, tapi yah, masih ada begitu banyak orang yang naik KRD kurang menyadari keberadaan tempat sampah ini dan lebih menyadari keberadaan petugas kebersihan sepertinya.

Terussss...... awal-awal aku naik KRD saat tarif sudah menjadi Rp 1.500, benar-benar beda rasanya dengan pengalaman sebelumnya naik KRD. Tak ada penjual berlalu lalang, *tentu ini berita baik karena orang yang sering menyampah di dalam kereta biasanya karena membeli makanan atau minuman dari penjual asongan di dalam kereta.* pokoknya better banget!!! eh, tapi...belakangan para penjual ini muncul kembali, haha!! mereka kucing-kucingan sama petugas, kalau ada petugas barang jualannya di sembunyikan, kalau petugas sudah menjauh, baru dikeluarkan lagi dan dijajakan kepada semua penumpang. Mau tahu ada penjual apa saja di KRD? Ada yang jual sate kulit, tahu goreng, buku mewarnai, pensin/korek, koran.. yah, itu saja yang terlihat saat aku naik KRD terbaru di waktu yang aku lewati. Entahlah ya, kalo di waktu yang lain, apa penjualnya bertambah? dulu kan ada yang juah minuman dalam gelas, rokok, *padahal sudah jelas ada tulisan di larang merokok di dalam kereta* buah-buahan, donat, roti, keripik, kacang goreng *ini nih, yang banyak nyampah...* pulpen, boneka, mainan, tas kecil, dll. Banyak juga ya ternyata yang mencari nafkah di dalam kereta?...

Nah, kelebihan lain di stasiun sekarang tuh ada tempat untuk mengisi baterai handphone atau laptop, tablet, namanya CHARGING CORNER *it’s Free!! fyi, kalau mau mencharge dan semua, ketiga tempat penuh, mending bawa colokan yang bisa muat dua atau tiga, jadi bisa joint gitu, hehe..*. hm, sepertinya baru disediakan di st.Bandung (semoga stasiun-stasiun lainnya menyusul, amin.) letaknya ada di antara pintu masuk dan pintu keluar jika masuk dari arah selatan. Jika masuk dari arah utara ada di depan kursi tempat menunggu *agak kanan sedikit, biasanya ada LIVE BAND lho...lumayan sambil menunggu kereta lewat bisa mendengarkan musik live lagi.*

Charging Corner Pintu Selatan
Toilet. Dulu masuk toilet bayar kan? nah, kalau di dalam st.Bandung gratis lho, dari pintu utara ada di sebelah kiri dekat toko donat. Kalau dari pintu selatan....ada disebelah kiri setelah melewati toko roti, rumah makan, dan warung-warung. Toiletnya dekat, bahkan sangat dekat dengan Mushalla. Bagi kaum muslim bisa shalat disini, enak lho tempatnya, nyaman untuk shalat, kalau yang perempuan tidak bawa mukena bisa pinjam, sudah disediakan.

Aku seringnya lewat pintu selatan. Kadang-kadang ya, kalau lewat pintu selatan, dan petugas penjual tiketnya Pak Busra, waduhhh siap-siap digantung! hahahaha...maksudnya, beliau ini, menjual tiketnya hampir di waktu lima menit lagi sebelum jadwal kereta datanglah, padahal yak yang mengantri di depan dia sudah sangat-sangat-sangat lama menunggu sampai 15menitlah. Kalau sudah begini, bagi yang berniat shalat di dalam stasiun saat waktu shalat sudah tiba, sebaiknya shalat di tempat lain dulu sebelum sampai ke stasiun, karena sayang banget kalau jadi telat shalatnya gara-gara tiket belum dijual dan pintu masuk  belum dibuka, waktu untuk shalat habis untuk menunggu tiket dijual dan pintu di buka kan? Kalau petugas yang lain, tenang saja, mereka semua kerjanya bagus-bagus, lebih pengertian, cepat menjual tiket, tidak membuat orang mengantri di depan mereka menunggu lama seperti Pak Busra. Tapi ya, kalau datang waktu Maghrib atau sekitar pkl. 18.10 setelah KRD lewat, baru tiba di st.Bandung dan niat mau shalat Maghrib di dalam stasiun, sebaiknya shalat maghrib dulu sebelum datang ke stasiun. Biasanya tiket KRD di jual sekitar pkl.18.30 dan pkl.19.00 *15menit sebelum jadwal KRD datang* dan meskipun *aku* sudah dapat tiket pkl.18.30, biasanya pintu masuknya masih ditutup sama petugasnya, baru dibuka jam7an lah...*sudah tiba waktu shalat Isya deh..*

Itu pengalaman masuk stasiun dari pintu selatan. Aku kurang tahu kalau lewat pintu utara masuknya begitu juga gak yah...hm, kapan-kapan harus dicoba.

Kereta Api




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar